Songsong Musim Hujan, SMPN 41 Perbanyak Lubang Resapan

Ditulis pada 8 November 2011

Surabaya- Kepedulian terhadap lingkungan hidup SMPN 41 terlihat saat tim lingkungan hidup sekolah ini bersama beberapa guru melakukan aktifitas bersih-bersih lingkungan sekolah. Pemandangan ini didapat pada pembinaan dan pemantauan Surabaya Eco School, Selasa (08/11).

“Kader lingkungan terbagi menjadi beberapa kelompok. Ada yang membersihkan taman sekolah. Ada yang merawat tanaman dengan memberi pupuk kompos. Dan juga ada lomba taman kelas untuk kelas 9,” tutur Indah Rachmawati, guru bahasa Indonesia yang peduli dengan lingkungan hidup SMPN 41.

Disampaikan Nugroho, guru IPS selaku pembina kader lingkungan SMPN 41, aktifitas yang dilakukan hari ini adalah suatu upaya pembiasaan kepedulian terhadap lingkungan hidup. “Menyongsong musim hujan, tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering terjadi di Surabaya khususnya di SMPN 41, kami mengajak kader lingkungan untuk bersih-bersih selokan dan membuat lubang resapan biopori di beberapa tempat yang menjadi aliran air hujan,” ujar Nugroho sembari mendampingi Tunas Hijau memantau perkembangan lingkungan hidup di sekolah ini.

Dia menambahkan untuk membuat SMPN 41 tampak hijau, diadakan lomba taman kelas yang diikuti seluruh kelas 9. “Hari Jum’at kemarin tanggal 4 November, siswa kelas 9 mengumpulkan beberapa jenis tanaman hias dalam pot,” tambah Nugroho. Pengumpulan itu dilakukan untuk membuat taman kelas yang dilombakan antar kelas 9. Beberapa tanaman ditaruh di depan kelas masing-masing untuk menghias dan membuat kelas mereka menjadi indah dan hijau.

Sifa Rahmania A’la, siswa kelas 9-C kader lingkungan hidup, mempunyai semangat dan antusias tinggi untuk mempercantik sekolahnya. “Meskipun hanya kader lingkungan hidup yang masih peduli terhadap lingkungan hidup, kami tetap semangat untuk membuat SMPN 41 menjadi bersih, indah dan hijau,” kata Sifa.

Selain kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup, mereka ingin menghilangkan image masyarakat terhadap SMPN 41 yang kurang bersih terutama sampah. Taman vertikal untuk mengisi lahan kosong SMPN 41 juga ingin direalisasikan, namun terkendala dengan dana.

Waktu membersihkan taman sekolah, siswa kelas 8-B Fian Febriana Sari merasa kaget dengan banyaknya sampah plastik di dalam tanah. “Saya bersama dengan teman-teman kader lingkungan sedang membersihkan taman sekolah dan menata beberapa tanaman dalam pot. Kalau taman sekolah bersih kan suasananya menjadi gak panas alias rindang. Sehingga membuat nyaman waktu belajar. Namun kami kaget dengan banyaknya sampah plastik yang tertimbun dalam tanah di taman sekolah,” terang Fian.

Ditambahkan Elisa, siswa kelas 8A, semua sampah plastik dalam tanah tersebut pasti ulah teman-temannya. “Ini pasti ulah teman-teman membuang sampah plastik di taman sekolah

sampai tertimbun oleh tanah. Setelah taman sekolah menjadi bersih, jika ada yang membuang sampah di taman akan kami laporkan kepada guru untuk diberi sanksi membersihkan sendiri,” cetus Elisa sambil membersihkan sampah plastik dan mengumpulkannya.

Surabaya Eco School 2011 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya. Program yang memadukan kompetisi, pembinaan dan pemantauan ini diselenggarakan oleh pemerintah kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surabaya, ASUS, PPS Teflon Paint Protection, PT. Dharma Lautan Utama dan Perum Jasa Tirta I. (wira)

Sumber : http://surabayaecoschool.tunashijau.org/?p=1907

 

About SMP NEGERI 41 SURABAYA

Telp. 031-3736006 Fax. 031-3736006 E-Mail : smpn41_surabaya@yahoo.co.id NSS : 204056004462 NPSN : 20532571

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s